Kelas Tahfidz

Program Tahfidz

Program Tahfidz merupakan salah satu program unggulan di MTs Miftahul Ulum Ngemplak. Program ini menjadi wadah bagi siswa/santri untuk menghafalkan Al Qur`an, kelas ini resmi dibuka pada tahun pelajaran 2019/2020.

 

 KUALIFIKASI GURU

  1. Mempunyai hafalan 30 juz
  2. Menguasai metode pembelajaran tahfidz
  3. Mengusai ilmu tajwid & ghorib, baik teori ataupun praktek
  4. Mempunyai skiil komunikasi yang baik
  5. Mempunyai wawasan keislaman yang baik

 

TEMPAT BELAJAR

Untuk menunjang kegiatan agar KBM lebih efektif, kelas tahfidz terpisah dengan program lainnya (dasar & tartil), pemandirian tempat ini dimaksudkan agar siswa lebih konsentrasi dalam menghafal Al-Qur`an.

 

TARGET 

Selama 3 tahun minimal menghafal 3 Juz (Juz 30, Juz 29, Juz 28).

 

SILABUS

Program tahfidz menerapkan silabus pembelajaran, sistem ini bertujuan untuk memacu siswa dalam menyelesaikan target hafalan dalam 1 periode.

Sebagai bahan evaluasi dari program tersebut  diadakan kegiatan yang meliputi :

  1. TES BACA, sebagai evaluasi bagi siswa yg sudah menyetorkan hafalan baru sebanyak ¼ halaman
  2. TES AYAT, sebagai follow up dari hasil evaluasi tes baca yang sudah mencapai 10 halaman (1 juz)
  3. UJIAN AKHIR PERIODE, dilaksanakan per- 3 bulan sekali, materi yang di ujikan adalah seluruh hafalan yang sudah disetorkan. Ujian ini berbentuk ujian lisan dengan 4 pertanyaan yang menitik beratkan pada 4 aspek penilaian yaitu : tajwid, fashohah, ketepatan & kelancaran
  4. WISUDA, dilaksanakan setiap 1 tahun sekali, kegiatan ini merupakan tolak ukur keberhasilan siswa dalam menyelesaikan hafalan.

 

METODE PEMBELAJARAN

Metode pembelajaran menggunakan metode klasikal bagi siswa juz 30 & tasmi` bagi siswa yang sudah mempunyai hafalan lebih dari 1 juz dengan menerapkan 5 langkah pembelajaran

  1. Pembukaan
  2. Murojaah
  3. Menghafal
  4. Setoran
  5. Evaluasi
  6. Penutup

 

KEGIATAN IDHOFIYAH (TAMBAHAN)

MHQ (Musabaqah Hifdzil Qur’an, dilaksanakan 1 tahun sekali dalam rangka memotivasi siswa untuk melancarkan hafalannya selain juga sebagai bentuk syiar qur`ani)